Kamis, 30 September 2010

TORTIKOLIS


Tortikolis adalah istilah medis untuk menggambarkan suatu keadaan pada leher yang terputar. Dalam bahasa latin "torus" artinya berputar dan "collum" artinya leher.

Tortikolis sering terjadi pada anak dan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: bawaan (congenital) dan yang didapat setelah lahir (acquired).

Apa yang dimaksud dengan tortikolis kongenital?

Pada tortikolis kongenital, terjadi kontraktur/ kekakuan otot sternokleidomastoid pada satu sisi. Otot sternokleidomastoid adalah otot pada leher yang berfungsi untuk menolehkan kepala ke kiri dan ke kanan. Kekakuan pada otot ini akan mengakibatkanterjadinya keterbatasan pergerakan leher bayi karena pemendekan serabut-serabut otot tersebut.

Tortikolis kongenital terjadi pada 3-19 per 1.000 kelahiran bayi. Penyebab dari tortikolis kongenital belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa teori yang mengatakan bahwa trauma jalan lahir mungkin menjadi penyebabnya. Tortikolis kongenital biasanya terlihat pada usia 2-4 minggu kelahiran.

Gejalanya adalah kepala leher yang selalu menoleh ke satu sisi saja saat tidur, dan pergerakan leher yang sangat terbatas. Komplikasi dari tortikolis kongenital yang tidak diterapi adalah asimetri bentuk wajah dan asimetri bentuk kepala atau penglihatan ganda (diplopia).

Tip

Tortikolis cukup mudah dikenali oleh orangtua. Bayi/anak dengan tortikolis cenderung hanya menoleh terus ke satu sisi. Jika orangtua mendapati bayi/anak menoleh ke satu sisi saja segera bawa bayi/anak ke dokter untuk diperiksa.

Apa yang dimaksud tortikolis yang didapat setelah lahir?

Pada tortikolis yang didapat setelah lahir, biasanya penyebabnya diketahui yaitu:
Cedera/peradangan pada saraf-saraf leher
Abses retrofaringeal (nanah yang terletak di belakang tenggorokan)
Radangtenggorokan
Pergeseran dari tulang belakang, terutama di daerah leher
Perdarahan di sekitar tulang belakang daerah leher
Adanya tumor di daerah tulang belakang kepala
Pada tortikolis yang didapat setelah lahir, gejalanya hampir sama dengan tortikolis kongenital, yaitu leher bayi selalu menoleh ke arah yang sama dan pergerakan leher bayi yang terbatas.

Perbedaannya adalah biasanya terjadi beberapa bulan setelah kelahiran, ada faktor penyebab yang lebih jelas yang mendasarinya dan tidak terjadi komplikasi berupa asimetri wajah.

Bagaimana cara mengatasi tortikolis?

Prinsip pengobatan tortikolis, baik tortikolis kongenital atau tortikolis yang didapat sebenarnya hampir sama. Langkah pertama adalah memastikan apakah tortikolis tersebut memerlukan intervensi segera atau tidak.

Pada tortikolis kongenital kadang terjadi penyembuhan dengan sendirinya, dan bila dirasakan perlu dapat dilakukan fisioterapi dan latihan untuk otot sternokleidomastoid tersebut.

Penggunaan collar neck (penahan leher) pada tortikolis kongenital kadang diperlukan untuk membantu proses pemulihan. Pada tortikolis yang didapat, langkah awalnya adalah menangani penyebabnya. Pemberian obat-obat seperti pelentur otot dan penahan rasa sakit atau anti radang dapat membantu proses penyembuhan tortikolis.

Kesimpulan
Tortikolis adalah istilah medis untuk menggambarkan keadaan leher yang terputar atau terpuntir.
Tanda utama tortikolis adalah anak cenderung hanya menoleh ke satu sisi saja.
Ada 2 jenis tortikolis yaitu tortikolis bawaan sejak lahir (kongenital) dan tortikolis yang didapat setelah lahir.
Penanganan tortikolis disesuaikan dengan jenisnya. Penggunaan collar neck dan obat-obatan harus atas petunjuk dokter.

5 komentar:

  1. berarti bisa termasuk penyakit keturunan juga donk mbk
    makasih

    BalasHapus
  2. Selamat malam,hal diatas sdh sy baca & perhatikan atas masalah dari ke 2 type Tortikolis,dimana anak sy (Perempuan saat ini umur 7 tahun) pada prinsifnya tdk mengalami seperti yg dijelaskan diatas namun hanya terjadi posisi tegak lurus dari pundak keatas (leher) pertumbuhannya agak tertarik kesebelah kanan bahu. Dalam arti kata tegak lurus kepala tidak / kurang simetris, mohon informasi & masukan utk masalah anak sy tersebut & dpt menghub. saya Hp 081271656110 atau email : herry@gemilangcorp.com ....terima kasih.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mba emngny kalo otot2 bayi itu udh mulai keras ny umur brp thn ya? Anak saya lehrny agak miring jd dy noleh ke seblh kanan terus.

    BalasHapus